SELAMAT ULANG TAHUN
SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA
KE 38 TAHUN
(20 Februari 1973 ~ 20 Februari 2011)

Solidaritas Kuat -- SPSI To Be The Winner

Buruh Ajukan Kandidat Sendiri

Bursa Gubernur Banten

Bakal calon (balon) Gubernur Provinsi Banten yang akan bertarung di pemilihan umum kepada daerah (pemilu kada) pada Oktober 2011 nanti kini mulai bermunculan. Bahkan, setelah dua kepala daerah, seperti Wali Kota Tangerang Wahidin Halim, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, serta incumbent Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah, kini muncul kembali balon independen dari lingkungan perburuhan.

Dia adalah Dwi Jatmiko, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Provinsi Banten.

"Pak Dwi Jatmiko siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten setelah ada permintaan dari kawan-kawan buruh yang merasa selama ini aspirasinya hanya dipandang sebelah mata oleh pemerintah daerah maupun pusat," kata Imam Sukarsa, Wakil Ketua DPD KSPSI, Banten, setelah melakukan konsolidasi dengan sebanyak 215 pimpinan unit kerja (PUK) KSPSI se-Banten di Jalan Raya Serang, KM 18,5, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (20/2).

Dalam pencalonannya nanti, kata dia, Dwi Jatmiko akan berangkat dari calon Independen yang berdasarkan ketentuan harus memiliki minimal 350 fotokopi KTP pendukung.

"Persaratan itu sudah dipenuhi dan sekarang ini hanya tinggal memantapkan diri untuk sosialisasi pencalonan Dwi Jatmiko," kata Imam Sukarsa yang didampingi beberapa orang PUK KSPSI.

Ditanya bagaimana jika Dwi Jatmiko dipinang oleh balon lain untuk menjadi wakil gubernur, Imam Sukarsa mengatakan, kemungkinan itu bisa terjadi. Karena beberapa waktu lalu sudah ada salah satu calon yang merapatkan untuk menggandeng Dwi Jatmiko.

Namun, Dwi Jatmiko dan beberapa orang buruh yang mendampinginya masih tetap bersikeras untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur.

"Kami berharap apabila ada seorang di bagian kita berada di dalam sistem pemerintahan tentu lebih mudah untuk memperjuangkan aspirasi buruh. Tapi, kalau dia masih berada di nomor dua (wakil gubernur) tentu agak sulit. Karena, segala kebijakan di tangan Gubernur," papar Imam Sukarsa.

Imam pun optimistis pencalonan Dwi Jatmiko di Pemilihan Gubernur Banten, Oktober 2011 nanti meraih suara siknifikan, karena jumlah buruh yang tercatat di KSPSI Banten sebanyak 600 ribu orang lebih.

"Itu baru anggota, bila minimal dikali dua dengan istrinya, sudah berapa suara di tangan Pak Dwi Jatmiko," kata dia. Hal itu juga dibenarkan Agus Wijaya, Wakil Ketua DPP KSPSI, Banten. Ia pun menambahkan, bila Dwi Jatmiko terpilih sebagai Gubernur Banten nanti, tentu akan melapangkan hati para buruh di Provinsi Banten. Sebab, melalui yang bersangkutan, aspirasi mereka akan mudah di perjuangkan.

"Pak Dwi Jatmiko lebih tahu soal permasalahan buruh, sehingga dia tidak akan diam begitu saja, bila terjadi sesuatu yang menimpa para buruh tersebut," kata Agus.

Sumber Berita : Media Indonesia


BERITA BURUH dan PEKERJA ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO